4 Tips Menghemat Listrik yang Mudah Dilakukan
27 Sep/2019

4 Tips Menghemat Listrik yang Mudah Dilakukan

Beberapa orang seringkali mencari cara dan tips bagaimana agar pengeluaran bulanan tidak membengkak karena hal-hal yang sia-sia. Salah satu kebutuhan yang harus dihemat adalah penggunaan listrik rumah. Anda mungkin sudah merasa menghemat dalam menggunakan listrik rumah, tetapi di akhir bulan ternyata tagihan Anda tetap membengkak sehingga uang bulanan kembali terpotong. Tahukah Anda ternyata ada beberapa tips untuk memperkecil tagihan listrik bulanan Anda? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk meminimalisir pengeluaran Anda di akhir bulan. 

  • Cabut semua kabel yang tidak digunakan

Beberapa hal simpel dan seperti yang satu ini ternyata mampu membuat tagihan listrik di rumah Anda akan berkurang. Beberapa orang akan menganggap remeh mencabut kabel yang sedang tertancap pada listrik karena tidak akan mempengaruhi tagihan, namun nyatanya akan mempu meningkatkan pengeluaran Anda.

  • Gunakan alat dengan listrik seperlunya

Banyak orang yang menyia-nyiakan dan menyalakan alat-alat yang menggunakan listrik meskipun tidak digunakan seperti televisi dan kipas angin. Tanpa Anda sadari, televisi dan kipas angin yang terus menyala ini akan membuat pemakaian listrik Anda menjadi cukup besar dan pastinya pengeluaran bulanan juga akan besar. Solusinya adalah dengan mematikan alat-alat yang sudah digunakan seperti televisi dan kipas angin untuk menghemat pengeluaran bulanan.

  • Menggunakan AC seperlunya

Tidak sedikit orang yang membiarkan AC menyala walaupun di ruangan tersebut tidak digunakan atau kosong. Dengan menyalakan AC pada ruangan yang tidak digunakan hanya akan membuat tagihan listrik bulanan membengkak. Solusinya adalah gunakan AC seperlunya pada saat ruangan tersebut memang benar-benar Anda gunakan, hematlah energi untuk memperkecil pengeluaran.

  • Beralih ke lampu LED

Di era yang modern seperti sekarang ini, tidak hanya handphone saja yang semakin canggih namun lampu juga memiliki yang versi hemat. Lampu LED sendiri ternyata mampu menghemat lebih banyak biaya ketimbang lampu dengan watt normal pada umumnya. Selain hemat energi, lampu LED juga memiliki keunggulan terang, tahan lama, dan harga yang relatif terjangkau.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan Anda untuk listrik di rumah. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

 

Artikel Lainnya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Tidak Selalu Keracunan, Ini Penyebab Kucing Muntah Dan Penanganannya

Kita pasti merasa khawatir ketika kucing kesayangan kita tiba tiba mengalami muntah. Tapi tenang, mu...

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Mitos dan Fakta Tentang Nanas Bagi Wanita

Nanas sering kali jadi buah yang dihindari para wanita hamil ya bun. Buah kuning ini padahal sering ...

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

5 Jenis Olahraga Yang Dapat Dilakukan Penderita COVID-19

Banyak yang mengira pasien yang sedang terkena corona tidak bisa melakukan olahraga,tapi adaol...

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Bersin Sekali Bukan Berarti Corona, Ini Perbedaannya Corona dan Flu Biasa

Di masa pandemi seperti ini kamu melihat ada orang yang sedang bersin padahal orang tersebut tidak t...