Pemalas, merupakan sifat seseorang yang sering kali membuat jengkel orang lain. Apa lagi orang tersebut satu team kerja dengan Anda, pastinya sangat menjengkelkan melihat sifatnya yang malas bekerja. Sering kali malasnya itu membuat tanggunng jawab dalam kerjaan terabaikan dan akirnya rekan kerja yang lainnya lah yang harus menyelesaikan tanggung jawabnya. Sering kali terjadi konflik di kantor karena pekerja yang lain jengkel dengan teman tim kerja yang malas tersebut. Berikut ini tips dan cara mengatasi team kerja yang pemalas.
Jangan Rubah Sikap Anda.
Dengan adanya team kerja yang pemalas tentunya membuat Anda jengkel dengannya. Namun hal tersebut jangan sampai membuat Anda merubah sikap kerja Anda. Jangan merubah kebiasaan Anda di tempat kerja hanya karena terganggu oleh team kerja yang pemalas. Jaga jarak dengan team yang pemalas bisa membuat Anda terhindar dari perubahan sikap.
Jangan Sampai Memberikan Bantuan.
Jika Anda memiliki team kerja yang pemalas, jangan sampai sekalipun Anda membantu pekerjaannya. Gunakan porsi kerja Anda sendiri, jangan pernah menyelesaikan pekerjaan rekan Anda yang pemalas, agar dia tidak semakin malas.
Jika ada satu pekerjaan yang membuat Anda menjadi satu team dengan pekerja yang malas tersebut. Anda harus bisa menjaga pekerjaan Anda sendiri. Biarkan rekan Anda menyelesaikan pekerjaannya sendiri agar malasnya tidak menjadi kebiasaan.
Jangan Laporkan Kepada Bos.
Jika Rekan kerja Anda malas dalam bekerja, jangan sampai melaporkannya ke atasan atau bos Anda. Hal tersebut akan memperlihatkan bahwa Anda tidak profesional, karena Anda terkesan mengeluh. Bukan hanya tidak terlihat profesional saja, jika Anda melaporkan ke atasan, maka Anda akan membuka pintu konflik yang bisa saja terjadi.
Namun jika rekan kerja tersebut berada dalam satu tim dan sifat malasnya tersebut mempengaruhi pekerjaan dalam tim. Hal tersebut bisa langsung Anda laporkan kepada atasan agar pekerjaan Anda, dengan catatan laporan Anda tidak terkesan mengeluhkan keadaan yang sedang terjadi.
Jangan Emosi.
Jika menemukan team kerja yang pemalas, Anda jangan sampai terbawa emosi, agar suasana tidak menjadi menegangkan. Emosi hanya akan memperkeruh keadaan dan tidak akan membuat team yang malas tersebut bisa menjadi rajin kembali.
Jangan Ikut Malas.
JIka di tempat kerja Anda terdapat rekan yang pemalah, maka cobalah untuk tidak terlalu dekat dengannya. Hal tersebut biasanya akan ditularkan pada rekannya yang biasa bersamanya. Jangan sampai terbawa kedalam sifat malasnya.
Itulah beberapa tips untuk menghadapi rekan atau team kerja yang memiliki sifat malas. Lakukanlah tanggung jawab dengan benar, dan sesuai. Selesaikan pekerjaan Anda dengan tepat waktu, karena itu bisa memperbaiki jenjang karir Anda kedepannya.