Seberapa penting kah word of mouth dalam dunia bisnis? Word of mouth atau WoM dapat diartikan sebagai komunikasi secara lisan yang bertujuan untuk mengirimkan informasi mengenai suatu hal. WoM sangat penting dilakukan untuk siapapun yang ingin berbisnis, agar bisnis mereka survive dan dikenal banyak orang. WoM tidak hanya penting untuk membangun image sebuah produk atau brand dalam pemasaran tradisional saja, tetapi untuk pemasaran modern juga, khususnya pemasaran online.
Banyak hal yang dapat menjadikan WoM adalah sarana yang penting dalam pengembangan produk atau brand. Hal penting yang harus Anda lakukan adalah membuat konsumen percaya dengan apa yang akan Anda tawarkan. Selain dapat menjalin hubungan yang baik antara penjual dan pembeli, hal ini juga akan sangat menguntungkan untuk bisnis Anda dalam jangka panjang. Seringkali orang yang memiliki pengalaman menyenangkan dalam berbelanja, akan melakukan pembelian berulang atau repurchase, kemudian akan membagikan pengalaman berbelanja mereka kepada orang lain.
Untuk memaksimalkan WoM, Anda harus membuat konsumen merasa bangga karena telah menggunakan produk yang Anda tawarkan. Buatlah konsumen merasa cukup percaya diri untuk membagikan pengalaman berbelanjanya kepada orang lain. WoM dapat menjadi strategi pemasaran yang ampuh ketika dikelola dengan baik. WoM yang positif akan meningkatkan penjualan Anda, dan menjadikan usaha Anda lebih dikenal oleh banyak orang dengan biaya periklanan yang dapat diminimalisir. Selain biaya yang efisien, WoM juga sangat efektif untuk menarik pembeli karena mereka lebih mudah dipengaruhi berdasarkan referensi atau pengalaman, dibandingkan hanya sekedar iklan.